FESTIVAL TELUK MAUMERE 2016 DILUNCURKAN

Trackers 22.54 No Comment

Pemerintah Kabupaten Sikka di Provinsi Nusa Tenggara Timur menggelar Festival Teluk Maumere. Festival ini akan diluncurkan bertepatan dengan Hari Pahlawan 10 November 2015 dan acara puncaknya akan berlangsung pada Juli tahun 2016 mendatang.

Maumere merupakan salah satu kota di Pulau Flores dengan pelbagai pesona alam dan budaya. Keindahannya dikenal wisatawan domestik maupun mancanegara, seperti keindahan alam bawah laut Teluk Maumere, di NTT dimana merupakan salah satu taman laut terbaik di dunia.

Sebagai ibukota Kabupaten Sikka, Maumere memiliki bandar udara yang juga merupakan pintu gerbang wilayah timur Pulau Flores. Di Maumere pun memiliki warisan budaya bernilai tinggi yang tertuang dalam kain tenun ikatnya atau yang dikenal dengan Tenun Ikat Sikka.


Dengan banyak keunggulan yang dimiliki Maumere, diharapkan Festival Teluk Maumere ini semakin menambah wawasan mengenai warisan budaya nasional, serta memperkenalkan kekayaan dan keunikan potensi wisatanya ke seluruh Indonesia dan dunia. Selain itu, seiring dengan pertumbuhan pariwisata lokal maka akan berdampak kepada pertumbuhan ekonomi masyarakat setempat.

Peluncuran festival berlangsung 2 hari pada 10-11 November 2015 untuk memperkenalkan kegiatan festival ini kepada publik secara luas. Acara peluncuran festival dihadiri oleh Gubernur NTT Drs. Frans Lebu Raya, Bupati Sikka Drs. Yoseph Ansar Rera, serta Deputi Pengembangan Destinasi dan Industri Pariwisata Kementerian Pariwisata Republik Indonesia.

Acara peluncuran ini dimeriahkan pagelaran seni dan budaya daerah. Diawali seminar Tenun Ikat Sikka sebelum acara peluncuran dimulai, kemudian petunjukan seni budaya pada hari pertama peluncuran. Di hari kedua diadakan pagelaran menenun Tenun Ikat Sikka, serta lomba busana Tenun Ikat Sikka, dan diakhiri dengan penyerahan penghargaan MURI.

Ibu negara Iriana Joko Widodo rencananya akan hadir untuk menyaksikan pencatatan rekor MURI penenun tradisional Sikka sebanyak 1.000 orang pada Rabu, 11 November 2015. Sedangkan pada acara puncak Festival di bulan Juli 2016 mendatang, akan diadakan Maumere Underwater Photography yang akan dihadiri oleh Presiden Jokowi. Kepastian tanggal kegiatan festival akan terus dikoordinasikan dengan pemerintah pusat agar tidak berbenturan dengan acara nasional lainnya.


0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !