PANTAI PANJANG

Trackers 21.59 No Comment


Keistimewaan pantai ini adalah memiliki garis pantai yang sangat panjang mencapai 7 km. Di sini Anda akan mendapatkan garis pasang dan garis surut pantai sekitar 500 meter. Penyebabnya adalah karena di sini tidak ada karang sehingga saat air laut pasang membuatnya mendapat jangkauan lebih jauh. Di pantai ini pastinya Anda akan melihat hamparan pasir putih berbulir halus yang luas dan landai.

Letak Pantai Panjang sangat strategis di kawasan bisnis pariwisata Bengkulu yang tesedia beragam hotel, restoran, cottage, dan pusat perbelanjaan. Jaraknya dapat ditempuh hanya 15 menit dari pusat kota Bengkulu atau sekitar 3 km menuju gerbangnya. Pantai ini akan menjadi sangat ramai saat Hari Raya Idul Fitri dan menjadi pusat keramaian saat pergantian tahun baru.

Uniknya Pantai Panjang tidak ada pohon kelapa karena lebih didominasi pohon cemara dan pohon pinus. Pohon pinus tersebut mempercantik Pantai Panjang dan masih bisa dijadikan tempat berteduh. Kawasan wisata ini memiliki beragam fasilitas, baik itu penginapan, restoran dan cafe, pusat perbelanjaan, arena bermain anak, hingga fasilitas olah raga tersedia di kawasan ini.

Masyarakat Bengkulu menjadikan Pantai Panjang sebagai salah satu pusat terapi dengan berjogging pagi atau sore hari di lintasannya. Mereka berlari dengan bertelanjang kaki karena lintasan tersebut dapat membantu melancarkan peredaran darah.


KULINER

Kuliner wajib di Pantai Panjang adalah ikan laut bakar bumbu kuning, gulai kepala ikan kakap, ikan bakar tanpa bumbu, serta oseng terong campur jengkol. Sementara kudapannya pelengkapnya adalah es kelapa muda dan jagung bakar beraneka rasa. Cicipi pula nikmatnya segelas kopi khas Bengkulu.

BERBELANJA

Sekitaran Pantai Panjang dapat Anda temukan warung makan, toko cenderamata, dan pusat perbelanjaan. Jadi, tidak perlu khawatir untuk berbelanja di kawasan wisata ini.

AKOMODASI

Sekitar kawasan pantai ada banyak penginapan yang dapat Anda pilih sesuai kebutuhan. Rata-rata tarifnya ekonomis untuk dompet Anda. Berikut beberapa pilihan akomodasi terdekat.

KEGIATAN

Pantai Panjang menjadi istimewa karena bulir pasir putih yang halus sehingga saat Anda berjalan maka pasirnya tidak akan mengotori kaki. Di sini Anda pun dapat berolahraga pagi atau sore hari dengan joging di lintasannya. Pantainya yang berombak tidak terlalu besar cocok untuk aktivitas berselancar, bermain pasir, berenang, atau memancing. 

Di pinggiran Pantai Panjang ditumbuhi pohon cemara dan pohon pinus yang melengkapi keindahan menyaksikan Matahari tenggelam. Jangan heran apabila di sini Anda temukan juga wisatawan mendirikan tenda untuk bermalam.

Becak mobil adalah moda mengasyikkan untuk Anda mengelilingi jalanan pesisir pantai dengan cahaya lampu warna warni di pinggir pantai. Pilhan lain Anda dapat menyewa sepeda untuk mengelilingi pantai, tarifnya Rp10 ribu per jam. Ada pula delman yang dapat menemani Anda menikmati debur ombak Pantai Panjang, atau terdapat gajah yang bisa dinaiki saat akhir pekan.Berolahraga di sini merupakan kegiatan yang tepat karena di sepanjang pantai tersedia jogging trek. Penggemar volly pantai dapat bermain di lapangan yang dibangun di atas pasir-pasir alami, pecintasurfing pun memiliki titik sendiri untuk menaklukan ombak bersama papan selancarnya.


BERKELILING

Pilihan selain menikmati nuansa pantai, pasir, dan ombaknya adalah Anda langkahkan tujuan lebih jauh sekitar 5 km dari pantai ini menuju Danau Dendam Tak Sudah. Nama yang unik bukan? Danau ini masih sangat alami terletak di Jalan Raya Bengkulu-Tabah Penanjung. 

Pilihan lain adalah Anda mencoba memetik daun teh di perkebun yang letaknya sekitar 60 km dari kota Bengkulu.

TRANSPORTASI

Lokasi Pantai Panjang berada di sebelah barat Kota Bengkulu tepatnya di sepanjang Jalan Pariwisata Kota Bengkulu. Jaraknya sekitar 1.5 km dari pusat kota dan dapat ditempuh dengan mobil, minibus, taksi, atau motor untuk sampai di lokasi pantai.

Angkutan kota  tersedia setiap saat ke pantai ini. Mengapa tidak Anda memanfaatkan sado atau delman yang merupakan angkutan tradisional Bengkulu.

TIPS

Sore hari dapat dikatakan waktu terbaik menikmati keindahan Pantai Panjang karena Anda dapat menikmati Matahari terbenam dengan  cuaca yang sejuk sambil berjalan menyusuri garis pantainya.
(teks & foto. http://indonesia.travel )


0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !